Behind the scene,

Seseorang yang Mirip Karakter Fiksi Itu...

09.19 Unknown 0 Comments




Sebenarnya ragu mau nulis ini, takut yang bersangkutan baca. Tapi, rasanya, nggak mungkin ah! Jadi saya tuliskan saja yah.

Pernahkah kalian bertemu seseorang di dunia nyata yang deskripsi fisiknya mirip dengan karakter fiksi sebuah buku? Saya, pernah. Parahnya lagi, karakter tersebut adalah ciptaan saya sendiri. Saya nggak tahu apakah ini pekerjaan alam bawah sadar saya yang membuat saya menuliskan seseorang yang mirip dengan orang yang saya kenal di dunia nyata. Tapi, yah, itu sudah terjadi, kawan!

Dalam menulis cerita, sebenarnya saya lebih menyukai karakter yang membumi, alias karakter yang banyak dijumpai dan dekat dengan pembaca. Untuk persepsi ganteng atau nggak juga dikembalikan ke selera pembaca yang punya penilaian versi ganteng mereka sendiri, hihihi.

Baiklah, sebelum curhatan ini dimulai, saya akan memperkenalkan salah satu tokoh kesayangan saya, namanya sebut saja Daun (karena Bunga untuk cewek). Daun ini anak remaja, badannya tinggi, berkacamata. Deskripsi fisiknya umum sekali, ya? Siapa pun bisa mengklaim dirinya mirip Daun jika postur badannya tinggi dan berkacamata. Tapi, ada satu deskripsi fisik yang membuatnya spesial. Dia punya lesung pipit samar di pipi kanan yang hanya muncul saat dia tersenyum. Oke, mari kita eliminasi cowok tinggi berkacamata yang tidak punya lesung pipit. Sayangnya, teman-teman dunia nyata saya jarang yang tinggi dan berkacamata--apalagi berlesung pipit di pipi kanan!

Oh, ada satu.

Serius deh, saya baru tahu tadi kalau seseorang itu punya lesung pipit samar. Di kanan pula!

Jadi, kalau kamu baca cerita di novel itu nantinya (semoga novelnya bakal terbit! Amin), dan menyadari bahwa deskripsi fisikmu mirip dengan tokoh di novel itu, percayalah, saya nggak bermaksud untuk membuatnya seperti kamu. Itu terjadi karena... takdir. Dan tulisan ini menjadi pembelaan saya. (Meskipun, sampai detik ini saya tidak tahu apakah tulisan ini bakal di-publish atau berakhir pada kotak delete.)

Jadi, saya galau. Bagaimana kalau dia mengira saya mengambil inspirasi dari dia? Bagaimana kalau dia kegeeran? Bagaimana kalau dia baca tulisan ini? Bagaimana kalau saya akhiri saja tulisan ini... hahaha.

Dan saya baru saja menyadari kalau nama karakter saya mengandung unsur nama seseorang tersebut. #bye

0 komentar: